Minggu, 22 Mei 2016

Band Indie Terpopuler di Indonesia


Cover bandindiepopuler
Industri musik di Indonesia memang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari yang berlabel, hingga yang Indie, semuanya ada. Nah, ngomongin soal indie nih, kali ini btl akan membeberkan beberapa band indie yang tergolong sebagai band indie paling populer di Indonesia. Mungkin kamu tahu beberapa dari mereka. Langsung aja deh simak yang satu ini..

Mocca

Siapa sih yang nggak tahu sama band ini? Band yang terkenal berkat lagu mereka yang berjudul Secret Admirer ini lahir di pertengahan 90an. Band yang digawangi oleh Arina, Riko, Toma, dan Indra ini bahkan baru aja merilis album terbaru mereka yang bertajuk Home.

Pandai Besi

Band baru hasil gabungan antara Efek Rumah Kaca dan beberapa musikus indie ini menggebrak para pendengarnya dengan mendaur ulang lagu-lagu asli Efek Rumah Kaca. Lagu asli ERK yang dibawakan secara unik dan menarik seakan menghipnotis para pendengarnya. Band ini kabarnya terbentuk akibat rasa kebosanan Cholil dkk. ketika memainkan nada yang sama di setiap konser ERK.

Burgerkill

Band indie metal core asal Bandung ini memiliki kiprah sejak Tahun 1995. Selain itu, mereka berhasil menjadi nominator Band Independent Terbaik ala majalah NewsMusik pada Tahun 2000. Pada tahun 2003, Burgerkill berhasil merilis album kedua yang berjudul Berkarat dan berhasil masuk ke dalam salah satu nominasi AMI Awards.

Seringai

Seringai merupakan band indie terkenal selanjutya. Pada Juli 2012, album Taring  hadir di tengah pendengar musik rock. Sangat mengejutkan ketika single Trageditelah diunduh 23 ribu kali hanya dalam waktu dua jam. Promosi Seringai melalui jejaring sosial sangatlah ampuh untuk menjaring massa.

The Upstairs

The Upstairs merilis debut CD yang berjudul Matraman di bawah label indie Sirkus Rekord pada tanggal 14 Februari 2004. Acara pesta rilis album itu kemudian tercatat sebagai event paling ramai yang pernah diselenggarakan di BBS Bar, Menteng, Jakarta. 100 keping CD Matraman pun sold out dalam hitungan dua jam di acara tersebut.

The S.I.G.I.T.

Band yang memiliki nama panjang The Super Insurgent Group of Intemperance Talent ini merupakan band indie asal Bandung. Dengan album berjudul Visible Idea of Perfection, The S.I.G.I.T. mampu menggebrak penikmat musik indie beraliran blues rock.

Sore

Sore merupakan band indie yang berasal dari Jakarta. Anggota Sore antara lain Ade, Awan, Reza, Bemby, dan Ramondo. Sore memiliki keunikan yaitu semua anggotanya bermain musik dengan kidal. Sampai saat ini, Sore telah menghasilkan dua album studio dan beberapa kompilasi. Semua anggota Sore ambil bagian sebagai vokalis dalam setiap albumnya.

Payung Teduh

Payung Teduh terbentuk pada akhir 2007 dengan formasi awal Is dan Comi. Sadar akan eksplorasi bunyi dan performa panggung, Payung teduh mengajak Cito untuk bergabung bersama sebagai drummer pada tahun 2008, lalu mengajak Ivan sebagai guitalele player pada tahun 2010. Angin Pujaan Hujan ialah lagu pertama yang memunculkan warna mereka sendiri.

Nah, itu tadi beberapa band Indie yang paling terkenal seantero Indonesia. Buat kamu yang kurang begitu mengenal mereka, mungkin kamu kurang gaul aja. Pasalnya, band-band tersebut memang udah sangat terkenal di belantika musik indie Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar